Liburan, Kuliner Enak Turut Pengaruhi Pilihan Wisatawan

83

JAKARTA – Hampir 60 persen wisatawan Singapura dan Malaysia mengatakan bahwa makanan adalah faktor penting ketika menentukan tujuan perjalanan. Makanan Indonesia termasuk pilihan mereka.

Sebuah jajak pendapat yang dihelat situs perjalanan Wego terhadap 300 wisatawan Singapura dan Malaysia mengungkapkan bahwa hampir 60 persen responden memilih tujuan perjalanan berdasarkan makanan lokal. Saat diklasifikasikan antara pria dan wanita, semua responden pria mengatakan akan memilih tujuan perjalanan berdasarkan sajian kuliner di sana. Sementara, 74 persen wanita membantah bahwa makanan menjadi faktor penentu pilihan mereka.

“Jelas, pria Singapura dan Malaysia menganggap makanan bagian penting dan signifikan dari pengalaman perjalanan mereka secara keseluruhan,” kata David Lai, Manajer Pengembangan Pasar Wego untuk Singapura dan Malaysia, seperti dikutip dari Wego, Rabu (18/12/2013).

“Dalam keyakinan kita, yang berhubungan dengan sejarah serta budaya, terdapat pemahaman tentang bagaimana makanan menjadi representasi budaya dengan cara yang unik. Dan, kita sebagai wisatawan, cenderung menerima untuk mengeksplorasi dunia secara lebih jauh,” tambahnya.

Destinasi yang dipilih wisatawan lantaran kulinernya, adalah Thailand, Hong Kong, Taiwan, Jepang, Indonesia, Malaysia, Korea Selatan, dan Eropa. “Semua destinasi tersebut mengesankan secara budaya, juga memiliki makanan yang sangat khas,” ujarnya.

Usia tampaknya juga merupakan faktor penentu pilihan wisatawan ketika hendak memilih sebuah destinasi berdasarkan kulinernya. Hampir semua orang yang berusia di atas 35 tahun (51 persen) mengatakan mereka berlibur ke suatu tempat berdasarkan makanannya.

“Wisatawan di bawah usia 34 cenderung tidak demikian. Tidak mengherankan, mengingat mereka turut didorong faktor-faktor lain dalam menentukan pilihan tempat berlibur. Meskipun, 15 persen dari responden berusia 25 sampai 34 mengatakan bahwa makanan bisa menjadi faktor memilih tempat liburan,” tutupnya.

Baca juga:  Beberapa Hal Ini yang Wajib Anda Perhatikan Ketika Melancong

Sumber: http://travel.okezone.com/read/2013/12/19/407/914443/liburan-kuliner-enak-turut-pengaruhi-pilihan-wisatawan

Previous articleBanyak Hotel Tawarkan Paket Mimpi Indah
Next articlePengalihan Akses Pintu M1, Soekarno Hatta