Legenda ‘Jembatan Cinta’ di Polandia

118

Wroclaw – Polandia, tepatnya di Wroclaw, punya satu dari enam ‘jembatan cinta’ eksotis yang ada di Eropa. Jembatan ini banyak dikunjungi oleh pasangan kekasih. Konon, pasangan yang mengunci cintanya di sini bisa awet jodoh.

Jembatan Tumski adalah salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Wroclaw. Bangunan tersebut memang tidak terlalu megah, dengan panjang sekitar 52 meter dan lebar tak lebih dari 3 meter, namun kisahnya yang membuat para wisatawan menjadi penasaran.

Jembatan Tumski dibuat sekitar tahun 1889 dan tujuan awalnya adalah untuk menghubungkan dua ‘pulau’ terpisah, Ostrow Tumski dengan Piaskowa Island. Namun jembatan tua itu kini justru jadi tempat tujuan para wisatawan yang berkunjung ke sana.

Letaknya tak jauh dari pusat kota, detikTravel yang kebetulan sedang berada tak jauh dari Market Square, bisa mencapai tempat tujuan hanya sekitar 5 menit dengan kendaraan. Tapi lebih asyik menyambanginya dengan berjalan kaki sembari memandangi lingkungan sekitar.

Jembatan Tumski juga mudah dicari, ini karena nyaris semua petunjuk jalan ke sana dapat dengan mudah ditemukan. Atau kalau mau para wisatawan bisa langsung bertanya dengan warga lokal yang kebanyakan ramah.

Sesampainya di Jembatan Tumski para pengunjung akan disapa dengan para penjual suvenir dan gembok yang bisa dipakai untuk ‘mengunci hati’. Ya, menggantungkan gembok, kemudian menguncinya, dipercaya bisa mengunci dua hati yang sedang memadu kasih. Ya, boleh percaya atau tidak, tapi itulah kisah yang melekat di sana.

Di sepanjang jembatan pengunjung akan menjumpai ribuan gembok yang dikunci pada bagian kanan dan kiri jembatan, kalau diperhatikan bahkan sudah nyaris tidak ada tempat untuk menggantung gembok lagi di sana.

Baca juga:  Menyambangi Pasar Natal di Eropa

Pemandangan indah tak hanya ada di sepanjang jembatan Tumski, usai melewati jembatan tersebut para wisatawan akan dibuat terkagum-kagum dengan megahnya Wroclaw Cathedral, gereja yang konon sudah mulai dibangun sejak abad kesepuluh dan hingga kini masih terawat dan kokoh.

Ya, gereja tua nan megah itu memang seakan menjadi destinasi akhir para wisatawan yang menyambangi jembatan cinta Tumski. Karena selain megahnya, bagi umat Katolik hal itu juga menjadi sebuah perjalanan rohani yang tak terlupakan.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2014/06/05/123003/2600634/1520/legenda-jembatan-cinta-di-polandia

Previous articleKudeta di Thailand Tak Pengaruhi Pelancong Asing
Next articleAnak Muda, Travelinglah Sebelum Menyesal!