Renovasi dan perluasan Bandara Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara, terus dilakukan. Hal ini dilakukan pihak terkait guna mengantisipasi kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara yang terus meningkat di wilayah tersebut. Pemerintah setempat juga memperluas landasan pacu (runway) Bandara Sam Ratulangi dari sebelumnya 2.650 meter menjadi 3.000 meter.

“Kita butuh infrastruktur penunjang yang memadai untuk mengantisipasi lonjakan kunjungan wisatawan saat ini,” jelas Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey kepada Antaranews.com, belum lama ini.

Lebih lanjut, Olly juga menambahkan bahwa perluasan Bandara Sam Ratulangi juga untuk memberikan rasa nyaman kepada para wisatawan. Pasalnya, sejak 2012-2017 tercatat jumlah penumpang yang menyambangi Bandara Sam Ratulangi mencapao 2,71 juta penumpang dengan 27,89 ribu pesawat dan 14,76 ribu ton kargo.

“Melihat angka yang terus naik, wajar jika Bandara Sam Ratulangi harus direnovasi. Pemerintah daerah telah melobi Kementerian Perhubungan dan Angkasa pura 1 untuk rencana itu. Mudah-mudahan segera terealisasi,” katanya.