Kemenhub Sarankan Sekolat Pilot Merger Untuk Kurangi Pengangguran Pilot

218
Para Calon Pilot

Kemenhub sarankan sekolat pilot merger untuk kurangi pengangguran pilot. Karena ada sekitar 1000 pilot pemula yang terdata belum bergabung di industri penerbangan. Perlu diketahui, saat ini ada 21 sekolah pilot di Indonesia dan 1 sekolah ditutup karena tidak memenuhi target.

Gambar terkait

Masing-masing sekolah pilot mampu meluluskan 50 pilot per tahun. Jadi, per tahun ada 1.000 lulusan pilot yang dihasilkan sekolah pilot swasta. Sementara lapangan pekerjaan yang tersedia bagi pilot tak sebanyak jumlah lulusannya. Padahal, sekolah pilot butuh biaya yang tak murah.

Untuk menekan laju lulusan pilot, maka Kemenhub bermaksud membatasi sekolah pilot. Tidak memberikan izin sekolah pilot baru dan mendorong 20 sekolah itu merger alias bergabung sesuai dengan kemampuan dan kesepakatan bisnisnya masing-masing.
“Atau kami syaratkan bila menerima siswa harus punya kontrak dulu dengan maskapai penerbangan sehingga begitu lulus langsung bisa bekerja. Pilot juga tidak selalu dipakai untuk menerbangkan pesawat, untuk mendesain bandara dan helipad, juga perlu keahlian pilot,” tutur Agus.
Baca juga:  Regulator Lemah, Industri Penerbangan Kian Memburuk
Previous articleTips Menerbangkan Drone Dengan Aman
Next articleKetika Sirip Ekor Pesawat Dijadikan Batu Nisan