Bandar Udara Internasional Jawa Barat Kertajati juga dikenal sebagai Bandar Udara Kertajati, adalah bandar udara yang berada di bagian timur laut dari Jawa Barat, Indonesia. Bandar udara ini merupakan bandar udara terbesar kedua di Indonesia beradasarkan luas setelah Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, yang berlokasi di Kabupaten Majalengka, kira-kira 68 kilometer di timur Bandung. Bandar udara ini dibangun untuk melayani sebagai bandar udara internasional kedua di wilayah metropolitan Bandung dan juga melayani Cirebon, bagian dari Jawa Barat dan Provinsi Jawa Tengah.

Bandar udara ini diresmikan operasinya pada tanggal 24 Mei 2018, dengan Pesawat Kepresidenan Indonesiamendarat sebagai yang pertama di bandar udara ini. Bandar udara ini memiliki landasan pacu tunggal sepanjang 3.000 meter dan dapat menapung pesawat berbandan lebar seperti boeing 777. Bandar udara baru ini berfungsi sebagai penyangga untuk membantu memudahkan lalu lintas udara di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hattadi Jakarta. Setelah selesai, Bandar udara ini akan memiliki kapasitas total hingga 29 juta penumpang setiap tahun, dengan banyak ruang untuk ekspansi. Bandar udara ini juga akan mengoperasikan terminal kargo dengan perkiraan resmi pada 1,5 juta ton kargo pada tahun 2020. Upaya memaksimalkan operasi bandara Kertajati, Pemprov Jabar pun akan merealisasikan pindahnya rute penerbangan bandara Husein ke bandara Kertajati dengan pertimbangan kendala transportasi.

Jarak dari Bandung ke Bandara Kertajati 3 h 40 min (105 km) via Jl. Bandung – Palimanan/Jl. Raya Cirebon – Bandung
  • Bandung City, West Java
  • Jl. Laswi, Jl. Pelajar Pejuang 45, Jl. BKR/Jl. BKR Lkr. Sel. and Jl. Sriwijaya to Jl. Nasional III in Ciseureuh
    19 min (6.3 km)
  • Jl. Tol Padaleunyi and Jl. Bandung – Palimanan/Jl. Raya Cirebon – Bandung to Jalan Kertajati – Kadipaten/Jl. Majalengka-Kadipaten in Jatiwangi
    2 h 26 min (81.7 km)
  • Jalan Kertajati – Kadipaten
    24 min (17.3 km)
  • Bandar Udara Internasional Jawa Barat Kertajati, Majalengka Regency, West Java 45457