Kuliner apa yang airporters ketahui jika sedang berkunjung ke Kalimantan Selatan? Disana kamu bisa menemukan berbagai ragam kuliner khas yang enak-enak loh. Jadi gak hanya Soto Banjar yang jadi kuliner rekomendasi masyarakat disana. Kamu yang penasaran ada apa aja sih makanan yang enak di Kalimantan Selatan. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Bingka Barandam

Related image

Bingka adalah kue yang menjadi ciri khas Suku Banjar, Kalimantan Selatan. Rasanya sangat manis, lemak, dan lembut. Bingka merupakan salah satu kue yang dipakai dalam tradisi Banjar untuk menyajikan 41 jenis kue untuk acara-acara istimewa seperti pernikahan.

Bingka sendiri dibuat dari adonan tepung terigu, telur bebek, dan gula, serta beberapa campuran lain yang dipanggang di dalam oven hingga mengembang. Tekstur dari Bingka Barandam ini mirip seperti souffle yang terlihat padat namun ternyata spongy.

Mandai

Image result for mandai

Bagi masyarakat Kalimantan, khususnya masyarakat Banjar, Mandai terdengar tidak asing dan bahkan sangat terkenal.

Mandai adalah sebutan untuk kulit cempedak yang sudah melalui proses fragmentasi. Masakan olahan yang bahan utamanya adalah kulit cempedak ini bisa dijadikan lauk menemani makanan utama seperti nasi, rasanya sangat nikmat dengan tekstur berserat serta lembut, kelembutannya tergantung seberapa lama kulit cempedak di rendam.

Kueh Lam

Image result for kueh lam

Kueh Lam ini rasanya manis sekali dan berlapis-lapis. Mungkin sekilas terlihat seperti kue lapis pada umumnya, tapi Kueh Lam ini teksturnya basah. Hal tersebut didapat dari banyaknya penggunaan telur yang digunakan. Untuk membuat Kueh Lam dibutuhkan minimal 8 butir telur bebek utuh dan 2 kuning telur bebek tergantung dengan besarnya Kueh Lam yang ingin dibuat.

Pakasam

Related image

Pakasam atau jukut adalah menu masakan khas dari Suku Banjar, provinsi Kalimantan Selatan. Makanan ini adalah produk bahan makanan yang berasal dari fermentasi ikan air tawar yang rasanya masam. Pakasam terutama dikenal di Kalimantan Selatan.