Insiden Powerbank Terbakar di Maskapai China Ini Bisa Jadi Pelajaran

14

Insiden powerbangk terbakar telah terjadi di maskapai China Southern Airlines saat pesawat maasih boarding di Bandara Internasional Baiyun, Guangzhou. Kejadian ini sempat menimbulkan kepanikan para penumpangnya.

Powerbank yang terbakar berada di dalam tas salah satu penumpang yang diletakkan di bagasi atas. Api yang muncul berhasil dipadamkan dengan cepat oleh petugas pemadam kebakaran bandara dan petugas keamanan. Tidak ada korban luka dalam insiden ini.

Pesawat jenis Boeing 777-300ER itu dilaporkan hanya mengalami kerusakan ringan pada kabinnya. Para penumpang pesawat itu akhirnya dipindahkan ke pesawat pengganti yang terbang ke Bandara Internasional Hongqiao Shanghai.

Penyelidikan awal menunjukkan api yang muncul disebabkan oleh sebua powerbank. Perangkat pengisi daya itu tidak sedang digunakan saat insiden terjadi.

Charger portabel itu disimpan di dalam tas yang diletakkan di kompartemen kabin di atas tempat duduk penumpang. Pemilik tas itu, yang tidak disebut identitasnya, dilaporkan bersedia bekerja sama dalam penyelidikan.

Powerbank dan baterai lithium-ion — yang banyak digunakan dalam perangkat laptop dan mainan — biasanya harus dibawa ke dalam kabin dan tidak bisa dimasukkan ke dalam bagasi pesawat. Diberlakukan juga pembatasan besaran watt per jam (Wh) untuk perangkat semacam itu.