Ini Arti Angka di Landasan Pesawat

576

Airporters, kalian pasti pernah melihat adanya angka-angka di landasan pesawat kan? Kalau dilihat, angka disana tertulis dengan sangat besar. Buat airporters yang belum tau artinya. Ini arti angka di landasan pesawat.

Pada setiap ujung landasan pesawat, selalu tertulis angka dalam ukuran besar. Bisa berupa satu angka, dua angka, atau kombinasi angka dengan huruf R, C atau L. Angka (kombinasi) itu merupakan acuan bagi pilot sebagai tempat landasan mendarat maupun terbang.

Hasil gambar untuk landasan pesawat

Setiap angka yang tertera merupakan representasi arah mata angin dengan hitungan derajat yang telah disederhanakan. Arah utara ditunjuk sebagai titik 0 atau 360, arah Timur 90, arah Selatan 180, sedangkan arah Barat 270. Untuk memudahkan penomoran di runway, hanya dua angka terdepan yang digunakan. Misalnya bila landasan itu mengarah ke timur, akan ditulis 9 atau 09, selatan ditulis 18, barat 27. Khusus untuk arah utara, digunakan 36 sebagai pengganti 360.

Lantas, apa arti untuk huruf L, R dan C yang terkombinasi dengan angka-angka diatas? Jadi, jika ada dua landasan yang sejajar, maka ada penambahan huruf R (right) dan L (left) di bawah angka derajat tadi. Jika ada tiga landasan pacu yang sejajar, maka huruf C (center) yang dikombinasikan di bawah angka. Huruf-huruf itulah yang membantu pilot untuk menentukan kemana pesawat harus diarahkan untuk terbang atau mendarat, sesuai arahan menara pengawas.

Baca juga:  Bandara Ngurai Rai Pasang Alat Pengusir Burung
Previous articleManfaatkan Fasilitas Online Check-In Untuk Kemudahan Penerbangan
Next articleIni Yang Harus Dilakukan Airporters Saat Bawa Benda Tajam Saat Penerbangan