Hotel Prodeo adalah idiom yang sering dilekatkan untuk menyebut penjara. Tapi jangan salah, hotel dari bekas bangunan penjara sungguhan ada di beberapa negara. Wisatawan bisa merasakan tidur bagaikan narapidana.

Hotel yang dulunya adalah bekas penjara menawarkan pengalaman unik untuk wisatawan. Inilah 5 hotel penjara paling keren di dunia:

1. Malmaison, Inggris

http://images.detik.com/content/2014/10/09/1520/163124_photo1.jpg

Malmaison di Oxford, Inggris adalah penjara yang disulap menjadi hotel yang sangat menarik untuk dikunjungi. Penjara yang sudah tidak beroprasi semenjak tahun 1996 ini kini berubah fungsi menjadi hotel yang sudah layak untuk Anda inapi.

Dengan total 95 kamar, hotel ini masih mempertahankan keaslian dekorasi dalam penjara. Ruang yang tidak terlalu lebar dengan atap yang rendah dan jendela yang tidak bisa dibuka menjadikan suasana khas di dalam penjara masih kental terasa. Tertarik mencoba?

2. Jailhotel Lowengraben, Swiss

http://images.detik.com/content/2014/10/09/1520/163144_photo2.jpg

Jailhotel Lowengraben di Lucerne, Swiss dulunya penjara yang dibangun dan difungsikan dari tahun 1862 sampai 1969 ini. Kini bangunan itu sudah bukan tempat untuk menahan para penjahat.

Tamu akan ‘ditahan’ di sini, karena dari situs resmi hotel ini mengklaim para tamu yang datang pertama kali begitu terkesan dan enggan pergi. Pengunjung pun akan betah berada di hotel ini, lengkap dengan fasilitas yang tersedia.

Salah satunya Anda dapat menikmati atau bersantai-santai di sebuah bar di sana yang bernama Alcatraz. Dengan kisaran harga kamar 140 Poundsterling atau sekitar Rp 2 juta, pengunjung sudah bisa merasakan kamar hotel nyaman berkesan penjara.

3. Four Seasons Sultanahmet, Turki

http://images.detik.com/content/2014/10/09/1520/163202_photo3.jpg

Grup hotel Four Seasons rupanya punya juga hotel penjara di Turki, bernama Four Seasons Sultanahmet di Istanbul. Dengan memanfaatkan sebuah bangunan yang pernah difungsikan sebagai penjara, hotel ini memiliki kesan tersendiri ketika wisatawan menginap di dalamnya.

Bangunan bergaya neo klasik ini dibangun pada tahun 1919 dengan ubin yang didekorasi cantik. Kini penjara itu sudah menjadi hotel yang mewah lengkap dengan akses lift di dalamnya.

Lapangan yang dulunya tak terawat kini sudah difungsikan menjadi sebuah restoran yang elegan. Four Seasons Sultanahmet berhasil menggabungkan keaslian nuansa penjara dengan gaya hotel Four Season ala negara Turki.

4. Alcatraz Hotel, Jerman

http://images.detik.com/content/2014/10/09/1520/163222_photo4.jpg

Alcatraz Hotel di Kaiserslauten, Jerman menawarkan 2 pilihan kepada para tamu yang datang. Pilihanya adalah menginap di ruangan kamar sel penjara atau ruang kamar yang norman dan nyaman. Anda pilih mana?

Tentu saja tidak afdol rasanya kalau mengunjungi hotel penjara tapi tidak merasakan menginap di kamar bekas penjara yang mengerikan. Nuansa asli penjara sadis yang kental, masih dipertahankan.

Tapi tenang saja, Anda akan merasa nyaman tidur di sini karena ruangan tersebut sudah disesuaikan dengan kondisi ruang kamar yang normal. Untuk menambah kesan penjara, pihak hotel akan memberikan tamu baju piyama loreng khas narapidana.

5. Karosta Prison, Latvia

http://images.detik.com/content/2014/10/09/1520/163245_photo5.jpg

Karosta Prison Hotel di Liepaja, Latvia dulunya adalah penjara Karosta. Penjara ini telah direnovasi menjadi sebuah hotel yang masih dijaga keaslian setiap sudut ruangan kamarnya.

Hotel bergaya kental nuansa penjara ini banyak orang yang mengklaim lebih mengesankan dibandingkan hotel penjara Alcatraz. Dengan tidur di atas ranjang besi dan makan ala narapidana penjara, wisatawan bisa merasakan sensasi menginap yang mengesankan beda dari biasanya.

Ada penawaran menarik di hotel ini. Anak sekolah yang ingin merasakan menginap di tempat ini akan ada penawaran harga khusus.