Honeywell Berkontribusi Dalam Penerbangan Perdana Pesawat C919

105

Sejumlah produk inovatif buatan Honeywell ikut serta berkontribusi dalam pembuatan pesawat penumpang narrowbody C919 pertama buatan China. Pesawat C919 yang diproduksi oleh COMAC (Commercial Aircraft Corporation of China Ltd.) ini sukses diterbangkan perdana pada Jumat (5/5/17). Berbagai teknologi inovatif Honeywell tersebut mendukung untuk segi keamanan, keandalan serta efisiensi operasional C919.

“Penerbangan perdana pesawat C919 menandai tonggak sejarah besar tak hanya untuk COMAC, melainkan juga untuk Cina serta seluruh industri kedirgantaraan global. Hal tersebut mewujudkan mimpi Cina untuk dapat terbang tinggi dengan pesawat hasil buatan dalam negeri mereka,” kata Presiden Honeywell Aerosapace Asia Pasifik, Steven Lien dalam pernyataan resminya.

C919 merupakan pesawat komersial terbesar yang pernah ada, yang berhasil dilakukan pengembangannya secara mandiri oleh Cina. Pesawat ini dirancang agar lebih aman, lebih efisien, lebih nyaman serta ramah lingkungan.

COMAC dan Honeywell telah bekerja sama dalam program C919 sejak COMAC didirikan pada 2008 silam. Honeywell bahkan telah bekerja sama dengan pendahulu COMAC pada jet regional ARJ21 sejak awal tahun 2000an, sebelum pesawat tersebut diambil alih oleh COMAC ketika perusahaan tersebut didirikan.

Adapun teknologi canggih Honeywell yang turut berkontribusi untuk pengembangan pesawat C919 buatan China adalah Auxiliary Power System, Roda dan Rem, Flight Control dan juga Navigasi.

Baca juga:  Bandara Husein Sastranegara Ditutup Saat KAA Berlangsung
Previous articleDua Pesawat Jet Airways Bersenggolan di Bandara New Delhi
Next articleMengenal Alat Bantu Navigasi