Managing Director PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Ari Askhara mengatakan akan memberikan kesempatan kepada Rius Vernandes YouTuber untuk melakukan review atau ulasan mengenai penerbangan maskapai. “Saya meminta Rius untuk meninjau semua penerbangan. Tidak hanya kelas bisnis yang istimewa, tetapi ulasan kelas ekonomi dan first class review yang buruk saja,” kata Ari di Jakarta, Jumat (19/7/2019). Tidak hanya itu, Ari juga mengundang Rius untuk melihat pelatihan yang dilakukan oleh Garuda Indonesia pada awak kabin. Pelatihan biasanya dilakukan di Pusat Pelatihan Garuda Indonesia. “Kami mengundang semua vloggers untuk berkunjung. Saya terbuka untuk kritik dan masukan dari semua yang membangun,” kata Ari.

Sementara itu, Rius mengaku bersedia meninjau penerbangan Garua Indonesia. Dia juga tidak kapok ulas maskapai pelat merah. “Saya akan terbang menggunakan Garuda Indonesia lagi. Mari kita membangun dan meningkatkan citra Garuda Indonesia,” kata Rius. Sebelumnya, Serikat Pekerja Karyawan Garuda Indonesia (Sekarga) melaporkan Rius ke polisi terkait tuduhan mencemarkan nama baik Garuda melalui media sosial.

Masalah ini berawal dari unggahan kerusuhan di Instagram Story @ rius.vernandes pada Sabtu (13/7/2019) malam. Saat itu ia mengunggah foto kartu menu kelas bisnis penerbangan Garuda Indonesia, rute Sydney-Denpasar, yang hanya ditulis tangan di selembar kertas. Dalam foto tersebut, ia menambahkan deskripsi Menu yang dibagiin tadi di Business Class @garuda.indonesia tadi dari Sydney-Denpasar. Menunya masih dalam percetakan Pak.” Beberapa jam kemudian @ rius.vernandes mengunggah ulang foto yang menggambarkan ruang layanan pelanggan Garuda Indonesia. Dalam mengunggah akun ini ditambahkan pernyataan: “Pada dasarnya Garuda Indonesia meminta maaf tentang hal ini. Asli saya juga tidak marah atau apa pun. Saya hanya menjalankan pekerjaan saya sebagai pengulas pesawat terbang. Bagikan apa pun yang terjadi di pesawat. Gitu doang,” katanya.

Beberapa hari kemudian Rius bersama Youtuber lain Elwiyana Monica dilaporkan ke polisi. Ketua Harian Serikat Pekerja Garuda (Sekarga) Tomy Tampatty mengatakan, mengunggah video di instastory @ rius.vernandes telah memfitnah Garuda Indonesia. “Posting itu merugikan perusahaan, sehingga beberapa anggota Sekarga melaporkan ke Kantor Polisi Bandara. Untuk tindakan mereka, itu berdampak pada reputasi perusahaan tempat kami bekerja,” kata Tomy seperti dikutip oleh Kompas.id.