Destinasi Liburan Unik di Indonesia

134
Destinasi Liburan Unik di Indonesia

Jawa Tengah

Petualangan di Karimun Jawa

Karimun Jawa merupakan sebuah surga terselubung yang terletak sekitar 80 km dari kota Jepara. Tempat ini merupakan kepulauan dengan 27 gugusan pulau, namun hanya 5 yang berpenghuni. Di setiap pulau terdapat spot diving yang terjamin keindahannya dengan 353 spesies ikan di laut tropis ini. Dengan adanya fasilitas homestay dan rental perlengkapan snorkel, Karimun Jawa semakin banyak diminati turis lokal maupun mancanegara. Hebatnya, Karimun Jawa tidak hanya memiliki pantai yang indah namun juga menghadirkan bentuk wisata lain yaitu hiking di barisan perbukitan Gunung Gajah. Tempat ini cukup menantang dengan puncak tertinggi 506 meter dari permukaan laut.

Menikmati Kuliner Solo

Solo telah diakui oleh UNESCO sebagai kota budaya. Yogyakarta memang menjadi favorit banyak orang jika berbicara soal jalan-jalan, namun jangan salah, Solo adalah kota yang ramah dan terkenal dengan kelezatan kulinernya. Nah bagi Anda yang berencana liburan dengan tujuan untuk memuaskan lidah Anda maka kota Solo bisa menjadi pilihan yang tepat. Salah satu yang patut dicoba adalah Soto Gading I yang terletak di Joyosuran, Pasar Kliwon. Dengan harga yang terjangkau dan berbagai lauk pendamping yang ada, Soto Gading I selalu ramai dipadati para penikmat kuliner. Namun bagi Anda yang gemar dengan makanan manis, tidak perlu khawatir. Serabi Notosuman yang terletak di Jl. Muhammad Yamin sudah terkenal kelezatannya. Rahasia kenikmatan serabi ini tercipta dari cara memasaknya yang menggunakan tungku tradisional.

 

Jawa Timur

Sensasi private island di Pulau Sempu

Malang adalah salah satu kota mahasiswa yang terkenal ramai didatangi banyak pencari ilmu dari luar kota. Kota ini tidak populer akan pantainya yang bagus, namun ternyata Malang memiliki salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi. Pulau Sempu adalah sebuah cagar alam yang menjanjikan udara segar dengan sensasi bagai mengunjungi private island. Yang tidak boleh terlewat adalah Segara Anakan, sebuah laguna terlindung di dalam pulau yang memiliki air jernih dengan pemandangan yang menyegarkan mata. Mengingat tempat ini masih sangat alami, tidak heran beberapa hewan liar seperti ular hingga macan tutul masih ada di pulau Sempu. But, no risk no fun, right? Tempat ini cocok bagi Anda yang menginginkan kebebasan murni dengan sedikit tantangan ala hiking di daerah belantara, dengan pemandangan yang luar biasa tentunya.

 

Sunrise ala Bromo

Hampir seluruh penjuru dunia mengenal keindahan melihat matahari terbit yang ditawarkan Gunung Bromo. Turis dari berbagai tempat telah mengakui salah satu karya Tuhan yang satu ini, membuat Bromo menjadi wisata andalan di Jawa Timur. Bromo terkenal dengan lautan pasirnya yang luas, dan pemandangan matahari terbit di tempat ini menjadi lebih menakjubkan dengan adanya tiga gunung yang berjejer rapi. Untuk melihat matahari terbit dengan pemandangan terbaik hadir pada pukul 4:30 – 5:30, Anda bisa menggunakan Jeep dan seorang driver handal yang siap mengantar Anda menuju puncak Penanjakan. Setelah itu, bersiaplah terpesona dengan pemandangan menakjubkan yang tersaji di depan Anda.

 

Bali

Pantai Pandawa, alternatif baru ketika Kuta mulai membosankan

Kuta dan Dreamland sudah hampir menjadi cerita lama di Bali. Melihatnya keramaian di kedua pantai tersebut sudah mengurangi kenyamanan banyak wisatawan. Bali menawarkan solusi lain dengan mengenalkan pantai Pandawa yang terletak di Kuta Selatan yang menawarkan pemandangan yang lebih menakjubkan dari Kuta saat ini. Jalan yang terdiri dari dua tebing yang dipapas menjadi pengiring Anda menuju tempat ini, membuatnya terlihat seperti bukit-bukit kapur terbelah yang ada di Garuda Wisnu Kencana atau GWK. Pasir putih di pantai Pandawa masih sangat putih dengan air yang jernih, dengan warna yang hijau kebiruan.

 

Menyelam di Tulamben

Bali dikenal sebagai pulau dengan spot diving yang menakjubkan, dan salah satu yang terbaik ada di Tulamben. Bayangkan, dari beberapa situs penyelaman yang ada di Tulamben, Anda bisa menemukan sebuah bangkai kapal USS Liberty yang berjarak hanya 30 meter dari pantai dengan kedalaman yang hampir sama. Belum lagi adanya Tulamben Wall yang dihuni oleh hewan-hewan laut seperti hiu martil dan ikan barakuda besar yang terkenal. Belum lagi beberapa spot terumbu karang seperti Matahari Reef dan Paradise Reef yang tentu saja akan membuat mata Anda terpana akan keindahannya.

 

Lombok

The Gilis

Pulau Lombok dikenal sebagai pesaing baru bagi pulau Bali yang letaknya berdekatan. Lombok memiliki banyak keindahan yang belum banyak terjamah namun bukan berarti sepi dari pengunjung. Jika Anda penikmat party di pulau kecil, Gili Trawangan adalah jawabannya. Trawangan adalah pulau eksotis yang menghadirkan pantai berair jernih dan party malam hari yang cukup meriah. Namun jika Anda tipe penikmat tempat yang lebih tenang, sebuah pulau kecil bernama Gili Nanggu siap didatangi. Tempat ini sangat tenang dan beberapa fasilitas memadai telah tersedia untuk menunjang kebutuhan Anda selama menikmati sensasi ala private island.

 

Budaya dan kain songket di Desa Sade

Jika Anda adalah seorang penikmat budaya, sebuah desa yang dihuni suku Sasak murni bernama desa Sade bisa menjadi destinasi menarik. Desa Sade sangat menjunjung tinggi budaya Sasak, lengkap dengan rumah adat khas Sasak dan kain tenun yang sering dipuji keindahannya. Anda akan bangga sebagai orang Indonesia ketika melihat bagaimana mereka mampu menjaga keaslian budaya hingga kesenian tradisional. Desa Sade telah menarik perhatian banyak turis mancanegara, karena letaknya kebetulan tidak terlalu jauh dari Bandara Internasional Lombok.

 

Flores

Danau tiga warna Kelimutu

Fenomena langka skala dunia dapat Anda temukan di Indonesia, tepatnya di danau Kelimutu. Dikenal sebagai danau tiga warna, danau Kelimutu yang terletak di puncak gunung Kelimutu akan membawa Anda ke dunia yang tidak pernah Anda rasakan sebelumnya. Setiap tahunnya, ketiga danau ini akan berubah warna dari merah ke hijau tua atau merah hati, dari hijau tua menjadi hijau muda dan dari coklat kehitaman menjadi biru langit. Keunikan pada danau ini terjadi karena pembiasan matahari dan aktivitas vulkanik dari gunung Kelimutu sendiri. Hal ini cukup langka, karena itulah danau Kelimutu sering menjadi pilihan para wisatawan sebagai salah satu bucket list yang harus masuk dalam daftar travelling mereka.

 

Pulau Sabolon, tetangga pulau Komodo yang menakjubkan

Flores memang hebat. Selain danau Kelimutu yang fenomenal, tempat lain yang tentu saja Anda kenali adalah Labuan Bajo. Namun tujuan yang kami maksud bukanlah pulau Komodo, melainkan pulau Sabolon yang memiliki pemandangan yang akan membuat Anda takjub. Dengan menaiki motor boat selama satu jam dari Labuan Bajo, Anda akan sampai di sebuah surga tersembunyi di bagian timur nusantara. Namun karena ukuran pulau ini tidak terlalu besar, maka penginapan belum dibangun karena banyaknya bukit yang ada. Tapi tidak perlu khawatir karena sudah mulai banyak travel agent yang menawarkan paket perjalanan full day di Pulau Sabolon.