Daftar Insiden Kecelakaan Pesawat di Eropa

161

Maskapai pesawat asal negara Jerman, Germanwings menambah segudang insiden kecelakaan pesawat yang terjadi di Eropa terhitung sejak tahun 2000.

Menurut laporan kantor berita Reuters, Selasa, 24 Maret 2015, polisi dan pejabat setempat menyebutkan pesawat itu tengah dalam perjalanan dari Kota Barcelona, Spanyol, menuju Duesseldorf, Jerman.

Presiden Prancis, François Hollande mengatakan kemungkinan tidak ada penumpang yang selamat dari kecelakaan tersebut.

Hollande juga mengatakan pesawat jatuh di ‘lokasi yang sangat sulit diakses’ dan tak diketahui apakah jatuhnya pesawat itu berdampak pada rumah atau pemukiman di daratan. “Solidaritas adalah sentimen pertama kami dalam kecelakaan ini,” ujar dia.

Peristiwa adalah kecelakaan pesawat pertama di tanah Perancis sejak bencana Concorde di luar Paris pada Juli 2000.

Berikut ini adalah daftar tragedi kecelakaan pesawat yang terjadi di Eropa sejak tahun 2000 seperti yang dilansir dari The Telegraph.

2014

17 Juli: Pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH17 jatuh di Grabove, Ukraina timur. Kecelakaan ini menewaskan seluruh penumpang yakni 298 orang di dalamnya. Sebanyak 193 orang di antaranya merupakan warga negara Belanda. Pemberontak pro-Rusia dituduh menembak pesawat menggunakan rudal darat. Namun, mereka menyangkal tuduhan tersebut.

2010

10 April: Pesawat Tupolev 154 yang membawa Presiden Polandia, Lech Kaczynski mengalami kecelakaan dekat bandara Smolensk, Rusia, dan menewaskan lebih dari 90 orang di dalamnya.

2008

14 September: Boeing-737 mengalami kecelakaan saat mendarat di dekat kota Perm, Rusia, menewaskan semua 88 penumpang dan awak kapal.

20 Agustus: Pesawat Spanair tergelincir di landasan pacu saat lepas landas di bandara Barajas Madrid, menewaskan 154 orang dan sebanyak 18 orang luka-luka.

2006

22 Agustus: Pesawat Tupolev-154 Rusia dengan 170 penumpang dan awak mengalami kecelakaan di Donetsk, Ukraina timur.

Baca juga:  Angkasa Pura II: Arus Mudik Lebaran 2018 Lancar

9 Juli: Pesawat Airbus S7 Rusia A-310 tergelincir dari landasan pacu saat mendarat di bandara Irkutsk di Siberia. Sebanyak 124 orang di dalamnya tewas. Lebih dari 50 orang selamat.

3 Mei: Pesawat Airbus Armavia A-320 mengalami kecelakaan di Laut Hitam dekat Sochi, menewaskan seluruh penumpang sebanyak 113 orang.

2005

14 Agustus: Pesawat Helios Airways yang bertolak dari Siprus ke Athena dengan membawa 121 orang di dalamnya mengalami kecelakaan di Athena utara setelah sebelumnya mengalami penurunan tekanan kabin.

2003

8 Januari: Pesawat Turkish Airlines dengan 76 penumpang dan awak kapal mengalami kecelakaan saat mendarat di Diyarbakir.

2002

1 Juli: Sebanyak 71 orang yang diantaranya sebgaian besar merupakan anak-anak tewas saat menumpang pesawat Rusia Tupolev 154. Anak-anak tersebut dilaporkan tengah melakukan perjalanan sekolah ke Spanyol. Kecelakaan disebabkan karena pesawat mengalami tabrakan dengan pesawat angkut Boeing 757 di atas Jerman selatan.

2001

8 Oktober: Pesawat Scandinavian Airlines System (SAS) bertabrakan dengan pesawat kecil akibat kabut tebal di landasan pacu bandara Linate Milan, menewaskan 118 orang.

4 Oktober: Pesawat Tupolev-154 Rusia milik Sibir Airlines meledak di udara dalam perjalanan dari Tel Aviv ke Novosibirsk, Siberia dan jatuh ke Laut Hitam, menewaskan 78 penumpang dan awak kapal.

3 Juli: Pesawat Tupolev-154 Rusia yang tengah menempuh perjalanan dari Yekaterinburg di pegunungan Ural ke bandara Vladivostok, Rusia mengalami kecelakaan di dekat kota Irkutsk, Siberia dan menewaskan 133 penumpang serta 10 awak kapal.

2000

25 Juli: Pesawat Concorde milik Air France mengalami kecelakaan saat bertolak ke New York. Pesawat nahas itu menabrak sebuah hotel di luar Paris tak lama setelah lepas landas, menewaskan 113 orang, termasuk empat orang yang berada di darat.

Baca juga:  Juni Ini Mitsubishi Akan Memperkenalkan Pesawat Buatannya

 

Sumber

Previous articleDua Bandara Dipadati Korban Jatuhnya Pesawat Germanwings
Next articleHeboh, Aktor Top Korea Diperiksa Petugas Bandara