Cara Mengajukan Pinjaman Online dengan Mudah dan Cepat

14

Keberadaan pinjaman online memang sangat membantu, terutama bagi Anda yang sedang membutuhkan dana dengan cepat. Namun, untuk bisa mendapatkan pinjaman terlebih dahulu harus mengetahui bagaimana cara mengajukan pinjaman tersebut. Biasanya setiap situs atau aplikasi pinjaman online memiliki persyaratan yang berbeda-beda.

Selain itu, ada juga yang memberikan pinjaman online dengan KTA mudah dan cepat. Tentu kesempatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mendapatkan pinjaman. Pastikan pinjaman yang diajukan untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak bukan untuk foya-foya. Lalu bagaimana cara mengajukan pinjaman online dengan mudah dan cepat?

  • Akses Website atau Aplikasi Pinjaman Online

Gambar 1

Langkah pertama untuk mengajukan pinjaman online adalah akses website atau aplikasi penyedia jasa pinjaman online. Pastikan Anda mengakses website/aplikasi resmi. Di sini Anda dapat melakukan pengajuan pinjaman dana, mengecek riwayat pinjaman sampai pencairan dana dan pembayaran cicilan. Dengan adanya website/aplikasi ini akan membuat pengajuan pinjaman menjadi lebih mudah dan praktis.

  • Registrasi Akun

Setelah masuk ke website/aplikasi resmi penyedia jasa pinjaman online, Anda diwajibkan untuk melakukan registrasi akun terlebih dahulu. Siapkan data dan dokumen yang diperlukan untuk tahap ini. jangan coba-coba untuk memalsukan data yang diminta, hal ini akan berakibat fatal dan berujung ke pidana.

  • Isi Formulir

Apabila Anda sudah memiliki akun di website/aplikasi penyedia jasa pinjaman online, tahap selanjutnya adalah mengisi formulir yang disediakan oleh pengelola jasa tersebut. Isi formulir dengan data diri seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat dan berbagai data lainnya.

Penyedia jasa pinjaman online juga mengharuskan Anda untuk melengkapi beberapa dokumen, seperti kartu identitas (KTP), NPWP dan lain sebagainya. Dokumen tersebut berupa soft file format pdf yang di unggah pada kolom yang ada.

  • Tentukan Jumlah Pinjaman

Tahap selanjutnya Anda diminta untuk menentukan jumlah dana yang akan dipinjam. Beberapa penyedia jasa pinjaman online biasanya menetapkan limit pinjaman yakni batas bawah / minimum dan batas atas / maksimum pinjaman. Contoh jumlah dana yang akan dipinjam paling rendah adalah Rp. 500.000 dan paling tinggi Rp. 10.000.000.

  • Verifikasi dan Pencairan Dana

Verifikasi dan pencairan dana adalah tahap terakhir setelah melakukan melewati beberapa tahap. Pihak penyedia jasa pinjaman online akan melakukan verifikasi data calon debitur, biasanya sekitar 1-2 hari. Pihak penyedia jasa akan mengecek riwayat tentang kredit Anda sebelumnya. Setelah dinyatakan tidak ada masalah, maka penyedia jasa akan menghubungi Anda melalui sambungan telepon untuk memastikan bahwa Anda mengajukan pinjaman online tersebut.

Pencairan dana akan dilakukan sesegera mungkin sesuai ketentuan yang dibuat oleh penyedia jasa pinjaman online. Dana akan ditransfer ke rekening Anda secara otomatis ketika Anda dinyatakan layak.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengajukan Pinjaman Online

  • Membaca dan Memahami Ketentuan yang Ada

Penyedia jasa pinjaman online pasti menerapkan beberapa ketentuan. Ketentuan ini sudah terpampang dengan cukup jelas di laman website atau aplikasi. Pastikan Anda membaca dan memahami ketentuan yang ada. Apabila dirasa kurang jelas, maka Anda bisa menghubungi nomor layanan konsumen di website tersebut.

  • Tujuan Harus Jelas

Sebelum melakukan pinjaman online, pastikan Anda telah membuat tujuan yang jelas dari dana pinjaman tersebut. Anda harus mempertimbangkan dengan matang tentang penggunaan dana. Besaran pinjaman juga perlu diperhatikan. Pastikan Anda mampu membayar cicilan dari penghasilan yang diterima.

  • Penyedia Jasa Pinjaman Terpercaya

Pastikan Anda meminjam pada penyedia jasa yang terpercaya. Harus terdaftar di OJK dan telusuri track record sebelum mengambil keputusan untuk meminjam dana. Hal ini akan sangat berpengaruh pada saat setelah dana pinjaman masuk ke rekening Anda.

Salah satu situs atau aplikasi pinjaman online dengan KTA mudah dan cepat atau tanpa agunan adalah Tunaiku. Dengan Tunaiku permasalahan kebutuhan dana mendesak bisa diatasi dengan cepat. Proses pengajuannya sangat mudah asalkan syarat yang minta sudah dipenuhi.

Menariknya lagi, pinjaman yang diajukan jika sudah disetujui akan langsung ditransfer di nomor rekening peminjam. Tunaiku juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga aman dan terpercaya. Jadi, tunggu apalagi yuk segera pakai Tunaiku sekarang!