Cara Mendapatkan Domain Gratis untuk Website, Mudah!

46
domain gratis zyro

Apakah Anda berencana mengembangkan sebuah website dan tengah mencari cara mendapatkan domain gratis? Jika iya, maka artikel ini adalah jawabannya. Domain adalah salah satu hal penting yang perlu disiapkan sebelum membangun website.

Jika mulanya domain hanya bisa diperoleh dengan cara membelinya, sekarang telah tersedia daftar domain gratis untuk Anda coba. Tak perlu khawatir, domain gratis tersebut tidak kalah canggih dari domain-domain pada umumnya, lho.

Selain itu, cara mendapatkan domain gratis untuk blog ini pun sangat mudah dilakukan. Penasaran bagaimana langkah-langkahnya? Berikut ulasan lengkapnya.

Apa itu Domain?

Domain adalah nama website yang di akhirnya diikuti oleh ekstensi seperti .co.id, .com, .net, .web.id, dan sejenisnya. Contohnya yaitu namakamu.com. Tanpa adanya nama domain, tentunya website Anda akan susah diakses oleh pengguna internet. Mengapa begitu?

Website sebenarnya terdiri dari kumpulan angka yang dikenal dengan sebutan alamat IP atau IP address. Sehingga, ketika sebuah website tidak memiliki nama domain, pengguna internet harus memasukkan alamat IP berupa deretan angka di browsernya.

Jika dibandingkan dengan alamat IP, pastinya nama domain lebih mudah untuk dihafalkan, bukan?

Sayangnya, untuk memiliki nama domain, pemilik website harus membelinya terlebih dahulu. Harga domain pun berbeda-beda tergantung dari ekstensinya atau dikenal juga sebagai Top Level Domain (TLD). Namun, rata-rata berkisar dari Rp150.000 ke atas per tahunnya.

Apa itu Domain Gratis?

Meskipun beberapa domain harus dibeli, tapi Anda tidak perlu risau. Karena telah tersedia cara mendapatkan domain gratis dengan mudah bagi Anda yang masih awam di dunia pengembangan website ini. Berikut adalah beberapa domain gratis untuk Anda ketahui.

.ml

Apabila Anda baru saja ingin belajar mengembangkan website, maka domain .ml bisa jadi salah satu pilihannya. .ml adalah domain gratis asal dari Afrika Barat. Perlu diketahui, domain berikut memiliki beberapa limitasi seperti nama domain yang kurang variatif dan terbatasnya jumlah traffic di angka tertentu.

.ga

.ga adalah domain gratis yang juga berasal dari Afrika. Domain berikut pernah populer di tahun 2011 – 2013 karena banyak digunakan oleh blogger-blogger pemula. Bahkan, ada yang sampai berhasil melakukan pendaftaran Google Ads, lho. Menarik, bukan?

Selain versi gratis, .ga juga menawarkan domain spesial berbayar dengan keunggulan mengandung sedikit huruf untuk mempermudah pengguna internet mengingat namanya. Jika Anda tertarik mencoba .ga spesial, Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp100.000 per tahunnya.

.gq

Hampir sama seperti domain gratis sebelumnya, .gq adalah ekstensi domain dengan limitasi tertentu khususnya dalam hal menangani trafik. Namun, .gq tetap bisa dipilih jika tujuan Anda adalah sebatas eksperimen pada website.

Itulah tiga contoh domain gratis yang ditujukan bagi para pemula di dunia pengembangan website. Sebenarnya masih banyak daftar domain gratis dengan fitur lebih baik yang tersedia di internet. Anda pun bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan website yang akan Anda kembangkan.

Kelebihan Domain Gratis

Setiap hal tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tak terkecuali pada daftar domain gratis tersebut. Di balik batasan-batasan yang ditemukan dalam fiturnya, terdapat beberapa kelebihan domain gratis yang tak boleh dilewatkan. Apa saja itu?

1. Mudah Diperoleh

Seperti yang sudah sempat disinggung di atas, cara mendapatkan domain gratis untuk blog maupun website cukup mudah. Umumnya, Anda hanya perlu melakukan registrasi akun dan mengecek apakah nama domain yang akan Anda gunakan masih tersedia atau tidak.

2. Tidak Memiliki Biaya Tahunan

Sesuai namanya, domain gratis tidak akan membebankan biaya tahunan kepada pemilik website. Semuanya gratis dari awal hingga akhir. Pastinya hal ini membantu para pengembang website pemula yang baru belajar dan mencoba bereksperimen pada website.

Cara Mendapatkan Domain Gratis

domain gratis zyro

Jadi, sampai sini, apakah Anda sudah benar-benar menjatuhkan pilihan pada domain gratis? Tentunya! Tapi, bagaimana cara mendapatkan domain gratis tersebut? Mudah saja!

Anda bisa menggunakan jasa layanan website builder yang menawarkan paket nama domain gratis. Namun, pastikan layanan tersebut berkualitas supaya Anda bisa memperoleh manfaatnya secara optimal.

Keuntungan yang bisa didapat dari menggunakan jasa website builder antara lain Anda tidak wajib memiliki keahlian di bidang percodingan. Website builder telah dilengkapi dengan fitur drag and drop yang mempermudah pembuatan website Anda.

Selain itu, layanan paketnya juga komplit dan umumnya dilengkapi dengan support team yang bisa membantu Anda 24/7 jika mengalami kendala selama proses pengembangan website. Menguntungkan, bukan?

Sekarang, yuk ikuti langkah-langkah cara mendapatkan domain gratis untuk blog maupun website dengan mudah berikut ini.

1. Tentukan Penyedia Jasa Website Builder Pilihan Anda

Cara mendapatkan domain gratis untuk blog maupun website yang pertama diawali dengan menentukan penyedia jasa website builder. Pastikan Anda memilih penyedia jasa terpercaya dan berkualitas seperti Zyro, Domainesia, dan Hostinger.

Di sini, Anda perlu mengeluarkan biaya untuk membayar penyedia jasa website builder tersebut. Namun tenang saja, nantinya domain yang Anda pakai tetap gratis tanpa ada biaya tahunan.

2. Pilih Paket yang Ingin Anda Gunakan

Biasanya, penyedia jasa website builder memiliki beberapa opsi paket yang dilengkapi dengan penawaran-penawaran menarik. Pilih paket yang sesuai dengan budget dan kebutuhan website Anda.

Jika belum terlalu yakin, jangan ragu untuk bertanya dan berkonsultasi kepada penyedia jasa perihal paket-paket tersebut.

3. Buat Nama Domain Sesuai Tema Website

Langkah selanjutnya adalah pembuatan nama domain. Nama domain berperan penting khususnya dari sisi bisnis sebagai bentuk brand awareness. Oleh karena itu, gunakan nama yang sesuai dengan tema website.

Sebagai tips, sisikan keyword atau kata kunci di dalamnya untuk meningkatkan nilai SEO website, menggunakan nama yang singkat, jelas, padat dan mudah diingat oleh target pembaca atau konsumen. Sehingga, ada baiknya apabila Anda menghindari penggunaan angka dan simbol.

4. Klaim Nama Domain Gratis

Jika nama domain yang Anda buat tersedia, maka cara mendapatkan domain gratis yang terakhir adalah mengklaimnya. Tahapan ini biasanya akan dibantu oleh penyedia jasa website builder sampai akhirnya website Anda siap pakai.

Itulah informasi seputar cara mendapatkan domain gratis untuk blog maupun website yang tak boleh Anda lewatkan. Jika Anda adalah seorang pemula di bidang ini, maka domain gratis adalah pilihan yang tepat. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk dapatkan domain gratis Anda sekarang!

Previous articlePada 26 Januari kemarin maskapai Smartwings membuat sejarah baru dengan mendarat…
Next articleJadwal Kedatangan Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali