Apakah Anda pernah merasa tak berdaya ketika ingin liburan karena jenuh yang melanda, tetapi dalam kondisi finansial sedang berhemat? Seharusnya, Anda tidak perlu merasa putus asa terlebih dahulu. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap bersenang-senang meskipun anggaran sedang terbatas. Salah satunya, dengan berlibur ala backpacker.

Salah satu daerah yang menarik untuk dijelajahi secara backpacking adalah Surabaya. Ada sejumlah destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi. Ragam kulinernya pun nikmat dan sedap. Namun, apa saja tips untuk berlibur ke Surabaya tanpa perlu merogoh dompet dalam-dalam?

  • Manfaatkan transportasi murah

Jika Anda berasal dari luar kota, untuk menuju Surabaya tentu butuh sarana transportasi. Jika dana terbatas, pilihlah jenis transportasi yang lebih terjangkau. Biasanya harga tiket kereta api lebih murah dibandingkan harga tiket pesawat. Anda juga bisa menggunakan bus karena biaya perjalanan lebih murah.

Kelemahannya, transportasi darat biasanya memakan waktu yang lebih lama. Apalagi jika Anda bepergian pada musim liburan. Supaya perjalanan tetap dapat dinikmati, sebaiknya pastikan waktu cuti cukup panjang atau fleksibel. Transportasi di dalam kota pun cukup beragam. Bahkan, jika lokasi wisata cukup dekat, Anda bisa menjangkaunya dengan berjalan kaki.

  • Berbagi biaya dengan teman

Salah satu keuntungan bepergian bersama orang lain adalah dapat berbagi biaya perjalanan. Agar biaya transportasi lebih murah, Anda pun bisa menyewa kendaraan bersama teman. Selain lebih fleksibel, harganya pun jauh lebih murah. Bukan hanya itu, Anda akan lebih optimal dalam menjangkau tempat wisata yang diinginkan.

Biaya akomodasi juga dapat dibagi bersama teman. Jika tarif kamar per malam misalnya Rp150.000, dengan menginap bersama teman, Anda hanya perlu membayar Rp75.000 per orang. Beberapa biaya lain juga bisa lebih ditekan jika Anda berwisata dalam rombongan, misalnya tiket masuk tempat wisata.

  • Membawa bekal sendiri

Surabaya adalah kota yang cukup panas. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mempersiapkan air minum sendiri untuk mencegah dehidrasi selama perjalanan. Selain itu, dengan membawa air minum sendiri, Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membelinya di tempat wisata. Pasalnya, harga-harga di tempat wisata biasanya lebih mahal.

Jika memungkinkan, Anda juga bisa membawa bekas makanan sendiri, misalnya jika ingin berwisata ke Pantai Kenjeran. Atau, Anda bisa menyiasatinya dengan membawa nasi dan membeli lauk-pauk di tempat wisata. Dengan cara ini, Anda sudah menghemat biaya makan selama berpiknik.

  • Siapkan itinerary yang matang

Jangan sampai Anda bepergian tanpa itinerary. Pasalnya, perjalanan yang tidak direncanakan berisiko membuat Anda harus mengeluarkan uang yang tidak terduga. Jadi, sebelum berangkat ke Surabaya, pastikan Anda terlebih dahulu telah menentukan objek wisata yang ingin dikunjungi. Buatlah anggaran perjalanan dan jangan menyimpang terlalu jauh dari jumlah bujet yang tersedia.

Dengan membuat itinerary, Anda juga dapat memperkirakan lebih awal jumlah biaya yang harus dikeluarkan. Untuk pos pengeluaran yang masih bisa ditekan, Anda dapat menentukan solusi yang lebih efektif.

Nah, inilah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat ingin bepergian dengan biaya murah ke Surabaya dan kota-kota lainnya. Sebelumnya, jangan lupa untuk booking hotel murah di Airy untuk rencana perjalanan yang lebih mantap. Hotel di Surabaya yang tersedia di Airy menawarkan fasilitas lengkap sekaligus harga yang terjangkau. Jadi, berlibur ke Surabaya bukan sekadar impian lagi, bukan?