Belum Miliki Sarana Navigasi, Peresmian Bandara KS Tubun Tertunda

188

Ambon: Rencana peresmian Bandara Karel Satsuit Tubun Langgur, Kabupaten Maluku Tenggara 21 Desember 2013 lalu tertunda akibat belum adanya sarana navigasi.

“Seluruh fasilitas penunjang operasional bandara sudah siap tapi khusus untuk peralatan navigasinya belum ada sehingga rencana peresmian sekaligus dioperasikannya bandara ini pekan lalu belum bisa terealisasi,” kata Kepala Bandara Dumatubun Langgur, Amran Hamid yang dikonfirmasi dari Ambon, Sabtu (29/12).

Sarana pendukung yang telah dibangun hingga rampung 100 persen di antaranya landasan pacu (run way), ruang tunggu, sarana air bersih dan listrik kecuali untuk peralatan navigasi yang harus disiapkan secepatnya.

Menurut Amran, pihaknya sudah menyurati Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan terkait rencana peresmian tersebut. Namun sejauh ini belum ada balasan dari pemerintah pusat karena masalah birokrasi ataupun administrasi bandara termasuk persoalan sarana navigasi yang belum dipenuhi oleh Kantor Bandara Dumatubun Langgur.

“Surat balasannya belum ada, tapi pemerintah pusat telah mengirim sebuah tim khusus untuk meninjau langsung lokasi bandara melihat kekurangan infrastruktur pendukung lainnya untuk dibenahi,” katanya.

Untuk itu pihak Bandara Dumatubun telah mengusulkan penambahan sarana navigasi yang baru ke Dirjen Perhubungan Udara.

Bila Bandara Karel Satsuit Tubun yang bertaraf internasional ini dioperasikan, maka seluruh aktivitas penerbangan sipil akan dialihkan, sedangkan Bandara Dumatubun Langgur tetap menjadi tempat kegiatan TNI Angkatan Udara Republik Indonesia.(Ant)
Editor: Githa Farahdina

Sumber: http://www.metrotvnews.com/metronews/read/2013/12/29/6/204208/Belum-Miliki-Sarana-Navigasi-Peresmian-Bandara-KS-Tubun-Tertunda

Baca juga:  Kawah Meteor Ini Jadi Daya Tarik Wisatawan
Previous articleAplikasi Android Raja Haji Fisabilillah Airport
Next articleSebuah Helikopter Jatuh di Brastagi, Seorang Tewas