Bandara Terkecil dan TerEkstrim di dunia

465

Jalur laju pesawat haruslah mulus dan aman. Namun ada beberapa negara yang memiliki landasan pacu yang akan membuat Anda bergidik ngeri. Inilah 5 bandara dengan landasan paling mengerikan.

Dilansir dari situs News.com, Jumat (4/5/2012) berikut 5 bandara dengan jalur landasan paling mengerikan:

1. Bandara Maidera, Portugal

Bandara yang ada di Kota Funchal, Provinsi Maidera, Portugal ini memiliki landasan yang akan membuat Anda meringis. Masalahnya, jalur mendaratnya pesawat ini hanya lurus dan berada di tepi pantai serta gunung. Jika salah perhitungan, pesawat bisa terjun ke laut.

Hanya pilot tertentu yang boleh mendaratkan pesawat di sini. Sebelum mendapat izin, mereka harus melewati latihan pendaratan terlebih dulu.

2. Matekane Air Strip, Lesotho

Jalur pendaratan sepanjang 1 km di Leshoto, Afrika ini pantas dijuluki sebagai salah satu landasan paling menyeramkan. Bandara ini berada di atas gunung dan hanya terbuat dari aspal seadanya. Pesawat bisa mendarat di sepanjag 400 meter jalan dan siap terbang melalui jalan sepanjang 600 meter.

Leshoto adalah dataran paling rendah di dunia. Jadi demi keamanan, landasan pesawat dibuat di dataran tinggi, salah satunya di puncak gunung.

3. Bandara Paro, Afrika Selatan

Sebuah bandara di Desa Paro, Bhutan, Afsel bisa dibilang memiliki landasan yang menguji nyali. Letaknya yang ada di antara Pegunungan Himalaya membuat sang pilot harus benar-benar akurat dalam mendaratkan pesawatnya.

Manuver-manuver tidak biasa harus bisa dilakukan para pilot yang membawa pesawat ke sini. Kemiringan 45 derajat atau lebih adalah beberapa manuver yang harus dilakukan di sini. Hanya pilot profesional yang boleh mendaratkan pesawatnya di Bandara Paro.

4. Bandara Nasional Raegan, AS

Jika yang lain mengerikan karena jalurnya yang tidak biasa, Bandara Nasional Raegan di Washington DC, AS mengerikan karena hal lain. Bandara ini dihimpit oleh dua jalur eksklusif milik pemerintahan AS.

Baca juga:  Bersyukur Akses Kalideres-Bandara Lewat Jembatan Peta Sudah Pulih

Pusat Pertahanan Pentagon dan Markas CIA menghimpit bandara ini. Dua instansi pemerintah yang tidak boleh dilanggar garis batasnya. Jika salah jalur, bisa-bisa pesawat dibombardir.

5. Bandara Barra, Skotlandia

Bandara ini menggantungkan perjalanan pesawat berdasarkan pasang surut air laut. Di Pulau Barra, Skotlandia, landas pacu pesawat tembus hingga bibir pantai. Saat air surut, pesawat bisa mendarat dan terbang dengan aman dan nyaman. Namun saat air laut pasang, urungkan niat Anda bepergian dengan pesawat karena tidak ada bisa mendarat ataupun terbang.

Sumber: http://travel.detik.com/read/2012/05/04/092500/1908805/1025/2/5-bandara-dengan-landasan-paling-mengerikan

Previous articleFlightradar24 is the best live flight tracker
Next articleFasilitas Parkir Inap Bandara Soekarno Hatta