Bandara Soekarno-Hatta Tambah Parkir Inap

78

TANGERANG-Pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta, PT   Angkasa Pura II menambah fasilitas baru di area bandara tersebut berupa parkir inap baru. Lokasi parkir baru tersebut berada persis di depan gedung 600 atau kantor pusat PT Angkasa Pura II.

Menurut Senior General Manager Bandara Soekarno-Hatta Bram Bharoto Tjiptadi, parkir inap itu menjadi bagian revitalisasi dari grand design pengembangan bandara terbesar di Indonesia tersebut. Dengan luas lahan sebesar 12.091 m2 yang dilengkapi kanopi, parkir inap tersebut memiliki daya tampung roda empat 486 unit.

“Mulai hari ini  sudah resmi dibuka. Sasaran kami untuk mewujudkan pelayanan kepada pengguna jasa, mengedepankan pencitraan positif dalam rangka menuju bandara berkelas dunia,” kata Bram, Kamis (19/12).

Dia mengaku, parkir inap itu sebenarnya ditargetkan sebelum tahun baru 2014, tetapi ternyata bisa dioperasikan sebelum natal ini.
Berdasarkan data PT Angkasa Pura II , transaksi parkir di Bandara saat ini setiap harinya mencapai 22.000 bahkan sampai dengan 25.000 unit roda empat. Sedangkan kapasitas parkir di bandara tersebut total 7.855 unit roda empat. Masing-masing Terminal 1,  6.150 unit, Terminal 2, 1.343 unit dan  Terminal 3, 363 unit.

“Sudah terbayangkan, begitu padatnya,” jelasnya.

Demi kenyamanan penumpang,  kata dia, fasilitas parkir inap itu juga dilengkapi dengan toilet, kantin, serta kanopi kendaraan yang akan melindungi dari terik matahari dan hujan.

Selain itu disiapkan juga shelter dan shuttle bus sebagai sarana transportasi penumpang menuju terminal. Sedangkan untuk memberikan rasa aman kepada para pengguna jasa, parkir inap itu  juga akan dilengkapi pos jaga 24 jam dan 16 CCTV yang akan memantau keberadaan kendaraan terus menerus.

Untuk menggunakan fasilitas parkir inap itu, para pengguna jasa bandara akan dikenakan tarif sebesar Rp.20.000 per enam jam pertama,  untuk 1 (satu) jam berikutnya Rp2.000.

Yos Sugiono Presiden Direktur PT Angkasa Pura Solusi sebagai pengelola parkir tersebut mengatakan, persoalan kapasitas memang menjadi isu penting di Bandara Soekarno-Hatta. “Jika ada kehilangan, kita punya asuransi. Tetapi kita tidak mungkin mengharapkan ada yang hilang,” katanya.

Diketahui sebelum-nya, parkir inap itu di  Bandara Soekarno-Hatta telah memiliki fasilitas yang mampu menampung sebanyak 1.211 unit kendaraan roda empat dengan rincian Terminal 1 sebanyak 574 unit kendaraan , Terminal 2, 405 unit kendaraan, Terminal 3 sebanyak 320 unit kendaraan. Namun, terminal 2 dipindah parkir inapnya ke bekas parkir Damri.

Sumber: http://tangerangnews.com/bandara/2013/12/19/11262/bandara-soekarno-hatta-tambah-parkir-inap