Bandara Purboyo Malang Berpotensi Menjadi Bandara Internasional

750
Bandara Purboyo Malang akan menjadi bandara internasional sama dengan Bandara Juanda Surabaya.

Bandara Purboyo, Malang, Jawa Timur akan dibangun dengan panjang runway minimal 3.000 Meter, sama dengan landasan pacu Bandara Juanda di Surabaya. Bandara baru ini akan menjadi bandara internasional sama dengan Bandara Juanda. Perlu diketahui, bandara baru ini memiliki luas mencapai 600 hektar dan akan di bangun di dekat laut di Malang Selatan.

Saat ini, pihak bandara masih terus melakukan persiapan dan kesepakatan dengan TNI Angkatan Laut (AL). Pasalnya, Bandara Purboyo akan menggunakan lahan milik TNI AL yang berada di Desa Srigonco dan Desa Bantur, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang yang memiliki lahan lebih dari 1.000 hektar, dimana 600 hektar ini akan dijadikan lokasi pembangunan Bandara Purboyo.

Bandara baru ini bukan untuk menggantikan Bandara Abdul Rachman Saleh yang sudah lama beroperasi, namun untuk menambah kawasan penerbangan di daerah Malang. Khusus untuk Bandara Purboyo, bandara ini akan melayani minimal 11 kabupaten/kota di Jatim, diantaranya Kabupaten/Kota Pasuruan, Malang, Blitar, Kabupaten Tulungagung, Trenggalek dan Kediri.

Pada 2016 ini, Pemprov Jatim mendapatkan anggaran cukup besar dari Kementerian Perhubungan. Total yang diberikan yaitu mencapai Rp 2,821 triliun. Nantinya, anggaran ini akan digunakan pula untuk mempercepat pembangunan double track kereta api Surabaya–Madiun.

Baca juga:  5 Interior Bandara Paling Keren di Dunia
Previous articleApa Saja Sih yang Harus Dibawa Saat Travelling?
Next articleIstimewa, Monumen Gerhana di Bawah Laut Tidore Indonesia