Bandara Gisborne: Landasan Pacu Bandara Dengan Jalur Rel Kereta Api Yang Melintas

344

Bandara Gisborne adalah sebuah bandara di wilayah kecil yang terletak di pinggiran barat Gisborne, Pantai Timur Pulau Utara Selandia Baru. Bandara ini merupakan salah satu dari sedikit bandara di dunia yang memiliki jalur kereta api yang memotong di tengah landasan pacu. Bandara Gisborne yang memiliki luas tanah sekitar 160 hektar, mempunyai tiga landasan pacu rumput dan satu landasan utama yang berpotongan dengan jalur Kereta Api antara Palmerston North dan Gisborne.

Dikutip dari amusingplanet.com, Jadwal penerbangan Bandara Gisborne yang padat sehari-hari antara 6:30 pagi dan 8:30 malam, begitu pula dengan rute perjalanan rel kereta api juga sangat aktif dan padat. Setelah lewat dari jadwal tersebut, penerbangan ditutup sampai pagi.

Rel kereta api membagi landasan pacu utama hampir di tengah dan sangat sering sekali antara kereta api atau pesawat yang mau lewat dan terbang harus dihentikan salah satunya apabila mereka mau melintas atau terbang. Ini adalah tugas yang sangat menantang bagi pihak otoritas bandara untuk mengelola keberangkatan dan kedatangan pesawat di sepanjang landasan yang berpotongan dengan rute rel operasional kereta api yang telah dijadwalkan.

Bandara ini adalah link utama untuk memasuki wilayah Gisborne dan lebih dari 60 penerbangan domestik setiap harinya terdapat di bandara ini dan lebih dari 150,0000 penumpang terbang melalui bandara ini setiap tahunnya.

Baca juga:  Pamerindo presents the 32nd International Manufacturing Exhibition, Manufacturing Indonesia 2023
Previous article7 Bandara Terburuk Di Dunia Yang Sebaiknya Dihindari
Next articlePemudik Menumpuk Di Bandara Sejak H-2 Lebaran