7 Tempat Wisata di Pekalongan yang Wajib Dikunjungi

225

Berbicara masalah Pekalongan, satu hal yang langsung terlintas dibenak kita pasti tentang batik. Pekalongan memang sudah dikenal sejak dahulu karena batiknya yang indah. Kota yang berada di jalur pantai utara Jawa ini memang mendapatkan julukan sebagai Kota Batik. Selain wisata belanja batik, Pekalongan ternyata juga beberapa tempat wisata yang wajib untuk dikunjungi.

Berikut ini ada 7 tempat wisata di Pekalongan yang wajib dikunjungi:

 

1. Museum Batik Pekalongan

Source: rizqiyyahjasmine.blogspot.com
Source: rizqiyyahjasmine.blogspot.com

Museum Batik Pekalongan terletak di Jalan Jetayu No.1 Pekalongan dan terletak tidak terlalu jauh dari pusat kota. Museum Batik Pekalongan mempunyai koleksi batik yang cukup lengkap, mulai dari batik kuno jaman penjajahan Belanda dan Jepang sampai batik yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia. Museum Batik Pekalongan menempati sebuah gedung bekas balaikota yang mempunyai gaya art deco.

 

2. Curug Bajing

Source: apriyoga.blogspot.com
Source: apriyoga.blogspot.com

Curug Bajing terletak di Desa Tlogopakis, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan. Untuk menuju ke curug ini terbilang cukup mudah, apalagi jika menggunakan kendaraan pribadi. Dari pusat Kota Pekalongan, Curug Bajing bisa dicapai dengan menempuh perjalanan kurang lebih selama 1,5 jam perjalanan. Sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan yang indah, mulai dari hijaunya hutan sampai dengan pemandangan sawah terasering seperti yang ada di Bali.

 

3. Gunung dan Curug Rogojembangan

Source: ksg-sac.org
Source: ksg-sac.org

Gunung Rogojembangan masih berada satu lokasi dengan Curug Bajing di Kecamatan Petungkriyono dan berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Banjarnegara. Untuk mencapai puncak Gunung Rogojembangan diperlukan waktu selama kurang lebih 3 jam. Selama perjalanan tersebut kita akan melewati pemandangan hutan yang masih hijau dan juga Curug Muncar yang berada di lereng Gunung Rogojembangan. Selain itu kita juga bisa menjumpai tumbuhan kantung semar dan anggrek putih.

Baca juga:  Segudang Wisata Pulau Pramuka

 

4. Kebun Teh Pagilaran

Source: wisatasemarang.wordpress.com
Source: wisatasemarang.wordpress.com

Sebenarnya Kebun Teh Pagilaran tidak terletak di wilayah Pekalongan, namun tempat ini menjadi salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi saat berada di Pekalongan. Kebun Teh Pagilaran berada di Perbukitan Dieng dan masuk dalam wilayah Desa Pagilaran, Kecamatan Blado, Kabupaten Batang. Sejuknya udara serta hamparan hijau tanaman teh sudah pasti akan menyegarkan pikiran kita. Kebun Teh Pagilaran berjarak sekitar 40 km dari pusat Kota Pekalongan.

 

5. Desa Wisata Lolong

Source: travel.kompas.com
Source: travel.kompas.com

Yang menjadi andalan dari tempat wisata yang terletak di Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan ini adalah buah durian. Di desa ini terdapat banyak sekali perkebunan durian yang bisa dinikmati pada saat musim durian. Buat para pencintanya, durian sudah seperti buah yang berasal dari surga. Walaupun punya bau yang cukup menyengat, durian tetap punya banyak penggemar. Selain itu di Desa Lolong juga terdapat wisata adventure seperti river tubing di Sungai Sengkarang.

 

6. Pantai Pasir Kencana

Source: nusapedia.com
Source: nusapedia.com

Pantai Pasir Kencana hanya berjarak sekitar 4 km dari pusat Kota Pekalongan. Pantai banyak didatangi warga Pekalongan dan sekitarnya untuk berwisata, terutama wisata dengan keluarga karena di Pantai Pasir Kencana dibangun beberapa fasilitas permainan untuk anak-anak. Pantai Pasir Kencana paling ramai pada saat perayaan Syawalan atau satu minggu setelah lebaran Idul Fitri.

 

7. Linggo Asri

Source: yogobark.blogspot.com
Source: yogobark.blogspot.com

Obyek wisata Linggo Asri dikenal sebagai “puncak” nya orang Pekalongan. Kawasan ini berada diketinggian sekitar 800 mdpl dan berada dijalur dari Kabupaten Pekalongan menuju Kabupaten Banjarnegara. Linggo Asri merupakan tempat untuk berwisata atau rekreasi, pendidikan, olahraga dan hiburan yang berada dalam satu tempat. Karena keindahan alam pedesaan yang masih alami yang bisa dinikmati, Linggo Asri sangat cocok untuk dijadikan tempat untuk berkemah.

Baca juga:  Cara Mudah Buat Liburan Makin Ringan

Pekalongan ternyata punya banyak tempat wisata yang bagus kan? Jangan lupa ya kalau sedang berada di Pekalongan untuk singgah ke-7 tempat diatas.

 

Sumber

Previous articlePesawat Antariksa Mendarat di Samudera Pasifik
Next articleDieng, Pesona Khayangan di Tanah Jawa