7 Destinasi Bersejarah di Jakarta yang Instagramable

2514
7 Destinasi Bersejarah di Jakarta yang Instagramable

Bingung merencanakan bepergian ke mana di tahun 2021 ini? Pergi ke Jakarta bisa jadi pilihannya lho! Hanya berjarak sekitar 3 jam, perjalanan dari Bandung ke Jakarta bisa naik travel saja.

Jakarta pun bukan cuma menawarkan kemegahan bangunan pencakar langit khas kota metropolitan. Ada banyak destinasi wisata menarik di jakarta yang bisa kamu kunjungi, termasuk tempat bersejarah. Selain bisa  menambah wawasan, destinasi wisata bersejarah di Jakarta juga punya bangunan yang instagramable lho!

Berikut ada 7 destinasi bersejarah di Jakarta yang cocok dijadikan tujuan berlibur kamu di tahun 2021. Oh ya, jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan mencari tahu terlebih dulu syarat bepergian, sebelum kamu mengunjungi tempat-tempat ini ya.

1 Kawasan Kota Tua

Ke Jakarta rasanya kurang lengkap tanpa mampir ke kawasan Kota Tua yang terletak di Jakarta Barat. Mudah dijangkau dengan transportasi umum, seperti KRL dan Transjakarta, Kota Tua memiliki banyak bangunan cantik berarsitektur Belanda yang masih kokoh berdiri hingga kini.

Kawasan Kota Tua terdiri dari Museum Fatahillah, Museum Bank Indonesia, Museum Seni Rupa dan Keramik, Toko Merah dan Pelabuhan Sunda Kelapa. Selain berfoto dengan latar belakang bangunan ikonik di kawasan ini, kamu juga bisa menyewa sepeda untuk berkeliling.

2 Museum Fatahillah

Berada di kawasan Kota Tua, jangan lupa mampir ke museum bersejarah yang satu ini ya. Museum Fatahillah ini memiliki bentuk bangunan yang sama seperti saat dibangun pertama kali di tahun 1620 oleh Jenderal Jan Pieterszoon Coen.

Di dalam museum terdapat lebih dari 20.000 benda bersejarah yang bisa kamu lihat dengan harga tiket masuk yang tidak mahal, yaitu Rp5.000 untuk pengunjung dewasa.

3 Monumen Nasional (Monas)

Sebagai landmark-nya ibukota, jangan sampai kelewatan mengunjungi Monumen Nasional atau Monas ya. Lokasi wisata yang berdekatan dengan Istana Negara ini memiliki taman yang luas sehingga asyik jika ingin piknik.

Selain itu kamu juga bisa naik ke cawan Monas dengan membayar tiket Rp5.000 atau naik ke puncak Monas dengan membayar tiket Rp15.000 per orang. Dari atas puncak ini kamu bisa menikmati indahnya pemandangan kota Jakarta dari ketinggian.

Selain itu di bagian bawahnya terdapat Museum Sejarah Nasional Indonesia yang memiliki sekitar 51 diorama yang menggambarkan berbagai peristiwa sejarah di Indonesia, mulai dari zaman pra sejarah hingga masa penjajahan.

Di jam-jam tertentu, Ruang Kemerdekaan akan dibuka dan pengunjung bisa mendengarkan rekaman suara asli Presiden Soekarno saat membacakan Naskah Proklamasi Kemerdekaan RI.

4 Gereja Katedral Jakarta dan Museum Katedral

Selain berfungsi sebagai tempat ibadah umat Katolik, gereja dengan arsitektur neo-gotik khas Eropa ini juga merupakan tempat wisata sejarah lho!

Selain bisa berfoto dengan eksterior katedral yang sangat cantik, kamu bisa mengunjungi Museum Katedral yang berada di lantai dua bangunan gereja ini. Museum ini memiliki teks doa berbingkai, mitra dan tongkat gembala Paus Paulus VI, jubah yang pernah dipakai Paus saat berkunjung ke Jakarta, relikui santo & santa dan masih banyak lainnya. Yang asiknya lagi, tiket masuk museum ini gratis lho!

5 Masjid Istiqlal

Terletak di seberang Gereja Katedral, Masjid Istiqlal juga jangan luput untuk disinggahi ya. Masjid terbesar se-Asia Tenggara ini baru saja diresmikan kembali setelah direnovasi.

Selain bisa masuk ke bagian dalam masjid, ada juga fasilitas Terowongan Silaturahmi yang menghubungkan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral.

6 Museum Nasional Indonesia

Museum yang terletak di depan halte Transjakarta Monas ini memiliki bangunan yang megah dan instalasi arsitektur menarik di bagian depannya. Mudah dijangkau dan selalu ramai pengunjung, museum ini menyimpan sekitar 190.000 benda peninggalan sejarah yang ditampilkan secara apik.

Secara berkala, ada banyak event menarik di museum ini, seperti pameran fotografi, barang peninggalan sejarah yang dikembalikan ke Indonesia dari Belanda dan masih banyak lainnya. Tiket masuknya juga sangat terjangkau, yaitu Rp5.000 untuk orang dewasa.

7 Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan yang dulunya menjadi yang tersibuk di zaman Belanda ini masih satu kawasan dengan Kota Tua. Tempat wisata ini bisa dicapai dengan bus Transjakarta maupun bus wisata gratis dengan tujuan Sunda Kelapa.

Di sini kamu bisa melihat jejeran kapal phinisi yang bersandar rapi di dermaga. Ada juga kapal-kapal yang catnya terlihat pudar karena dimakan waktu yang memberikan nilai estetik lebih, apalagi sebagai latar berfoto.

Nah, sudah siap memilih Jakarta sebagai destinasi bepergian di tahun 2021 dan mengunjungi tempat-tempat wisata bersejarah di kota tersebut? Selain memesan terlebih dulu tiket travel ke Jakarta, kamu juga harus tetap mematuhi protokol kesehatan ya agar liburan tetap aman dan menyenangkan. Selamat menyusun rencana bepergian!

Previous articleAngkasa Pura Airports mendukung GERNAS BBI 2021
Next article6 Festival Budaya di Indonesia, Wajib Datangi Minimal Sekali Seumur Hidup!