5 Hal ato lebih yang perlu lo pikirin sebelum travelling

85

Hallo gan, sebagai seorang backpacker (ngaku sendiri) saya mau berbagi tips nih, gimana caranya agar saat dirimu bertualang/travelling bisa puas sesuai dengan rencana dan apa yang lo inginkan.

Nah sebelum memberikan tips itu, Traveller itu sebenarnya memiliki macam-macam tipe dan tujuan. Tapi gue batasi dua kategori aja ya, Traveller terbatas/Limited Traveller’s dan Traveller tanpa batas/Free Traveller’s. Perbedaan di keduanya itu sangat jelas, kalo Limited traveller’s biasanya terbatas oleh waktu, duit, dan kemauan. Sedangkan Free traveller’s adalah orang yang bener” mendidikasikan hidupnya buat jalan” doang (enak bangeet yee).

Fokus kita pada thread kali ini ya di Limited traveller’s itu, karena sebagaian dari kita pada umumnya, kalo ga punya waktu ya ga punya uang yang cukup buat pergi ke destinasi yang diinginkan. Embeeeeer langsung aja yaa…

1. Tetapkan kemana mau pergi

http://www.backpacker.com/media/originals/mapcontest1.jpg
Kemanaaaa…..kemanaaaa..kemanaaa… , nah ini yang paling penting yang mesti lo pikirin, tujuan travelling kamu mesti jelas dan apa yang pengen elo dapetin/nikmati di tempat yang lo tuju itu. Kalo elo mencari pemandangan diatas ini ga mungkinkan, elo pergi ke pantai jimbaran. Kalo masih bingung list aja satu-satu lalu urutkan yang jadi prioritas dari yang pengen bingits sampe pengen aja sih

2.Berapa lama lo ke sana and disana?

http://mediabisnisonline.com/wp-content/uploads/2013/05/manajemen-waktu-700.png
Ini penting sob menyangkut berapa lama waktu yang elo punya. Kalo elo seorang karyawan, elo mesti nyesuaiain ama kapan jatah cuti/hari libur nasional lo yang bisa dipergunakan, atau jika dirimu adalah mahasiswa lihatlah kalender akedemik untuk melihat celah liburan yang bisa lo pake buat ngeles pergi berlibur.

Secara runtutannya :
Lama harimu yang tersedia/dapat digunakan. Tetapkan Kapan lo berangkat, stay dan pulang.
Transportasi yang kamu gunakan untuk sampai ke tujuan.
Lama Perjalanan Pergi dan Pulang memakan waktu.
Buat itenerary(jadwal tersusun) bisa juga lo contek di blog” temen berdasarkan tujuan kamu.

Baca juga:  Tips Berenang di Hotel Bareng Si Kecil

3.Uang lo berapa banyak?

http://1.bp.blogspot.com/-wwqjmki2tkM/UFSz7wilIvI/AAAAAAAAGXs/bwEVESb8rwU/s1600/Orang+Terkaya+di+Dunia+2012.jpg
Duit yaaa ….selalu duit. Duit sangat berperan banget dalam menentukan suksesnya perjalanan kamu. Tapi jangan khawatir, uang mah bisa dicari, makanya sesuaikan dengan tujuanmu itu. Menabung dan bekerja bisa jadi lebih bergairah bila ada goal yang dituju.

4.Hal-hal kecil lainnyahttp://4.bp.blogspot.com/-vtH-2T2NsVU/TeZHBaaTa_I/AAAAAAAAAys/TiC0PSo6dmU/s1600/paspor2.jpg
Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan lagi,

  • Jangan lupa pesen tiket pulang-pergi sekaligus bila elo naik pesawat ato train.
  • Carilah referensi hotel/penginapan di website” yang tersedia sesuai dengan destinasi anda, biasanya ada penginapan wah harga yess.
  • Gunakan uang seperlunya aja bila budget pas”an/jangan lapar mata
  • Persiapkan dengan baik, peralatan backpacer anda, bawa seperlunya aja bukan semaunya anda. Usahakan seringkas dan seringan mungkin karena kadang” kita mesti gotong sana-sini backpacknya.
  • Gali sebanyak”nya mengenai daerah tujuan anda

5. Carilah patner atau teman

http://sphotos-h.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-prn2/7244_591681180862103_493739012_n.jpg
Kemana-mana itu bisaa aja yang penting ada temennya. naaaah temen merupakan elemen yang cukup penting sih, karena kita bisa cost-share biaya juga bisa ringan kalo bareng”. Carilah patner yang sevisi dan misi yang sama. Tapi yang paling mesti lo inget , kita kudu sabar dan saling menjaga mood, karena itu kan dua kepala ato lebih bisa jadi punya tujuan dan maksud yang berbeda. Makanya sebelum berangkat diskusi dulu, sampe ngotot”an pun gapapa. Kalo udah dilapangan kan ga asik sob marahaan ga jelas dan tujuan lo jadi kacau.

Penutup dari semua ini, happy travelling sobat, gunakan waktu lo buat jelajahi dunia ini, karena tidak hanya sebesar monitor yang kamu tatapi ini.

Sumber: http://www.kaskus.co.id/post/5378c4976507e7a9178b4636#post5378c4976507e7a9178b4636

Previous article6 TIPS KESELAMATAN PENERBANGAN
Next article5 Cara Menyiasati Koper Overweight