10 Bandara Terburuk di Dunia

643

Kenyamanan dan kondisi bandara adalah salah satu penunjang saat traveling. Namun, masih ada bandara yang tidak memperhatikan kedua hal itu dan membuat bandara terlihat buruk, seperti halnya 10 bandara terburuk di dunia.

Sering menunda penerbangan, antrean panjang di loket, kamar mandi kotor, serta kursi yang tidak nyaman, hanyalah beberapa masalah yang membuat bandara terlihat buruk. Dilansir dari situs Immigroup, Kamis (14/2/2013), inilah hitung mundur 10 bandara paling buruk di dunia, pada tahun 2012:

10. Bandara Indira Gandhi, India

Melayani dan menerima hampir setengah dari kedatangan dan kepergian penumpang di India, membuat bandara ini ramai, kotor dan bising. Hanya 60 persen penerbangan dari dan menuju bandara yang berlokasi di New Delhi ini tepat waktu. Terminal di bandara ini, juga dipenuhi nyamuk dan burung. Inilah yang membuat Bandara Indira Gandhi terlihat buruk.

Namun, kantor resmi bandara mengklaim kalau masalahnya adalah adanya peningkatan jumlah penerbangan domestik. Pengembangan dan pembangunan bandara memperlambat aktivitas di New Delhi dan Bandara Chatrapati Shivaji di Mumbai.

9. Bandara Internasional Los Angeles (LAX), AS

Kuno dan tua, membuat LAX yang berlokasi di California, AS terlihat buruk. Dahulu bandara ini adalah yang terbaik. Tapi tidak untuk saat ini. Apalagi dengan tower yang berbentuk seperti UFO dalam film kartun dan antrean panjang di loket bea cukai, dan udara yang minim.

LAX menjadi salah satu bandara dengan penumpang tertinggi di AS. Akan tetapi, bandara ini masih menggunakan bangunan tua, fasilitas minim, dan pelayanan shuttle yang kurang memadai. Belum lagi petugas bandara dan petugas parkir di bandara ini terkenal kasar.

8. Bandara Queen Alia, Yordania

Baca juga:  10 Bangunan Terluas Di Dunia

Yordania adalah salah satu negara Arab yang kaya dan berpengaruh. Akan tetapi, bandara internasionalnya yang berlokasi di Kota Amman memiliki kesan yang buruk. Bahkan salah satu media internasional menyebutnya seperti ruang cuci yang kotor. Harusnya, bandara ini membuat kamar mandinya lebih bersih. Jangan sampai keadaan Bandara Queen Alia yang buruk, membuat wisatawan ragu untuk pergi ke Yordania.

7. Bandara Toncontin, Honduras

Bandara Toncontin di Tegucigalpa, Honduras, dikenal dengan peraturan imigrasi yang menyebalkan dan korup. Terlebih bila disandingkan dengan negara-negara lainnya. Bandara ini juga memiliki landasan pacu bandara yang berbahaya. Setelah kejadian pesawat keluar landasan pada tahun 2008, landasan Toncontin pun diperpanjang.

6. Bandara Ben Gurion, Israel

Ben Gurion adalah bandara modern di Tel Aviv, Israel dengan penjagaan keamanan seperti neraka. Ada satu pos pemeriksaan di dekat tempat parkir, di pintu masuk gedung, dan 2 pos lainnya di dalam gedung.Tak jarang, bandara ini juga mendapat keluhan dari penumpang. Mulai dari seringnya menunda penerbangan dalam waktu lama, petugas keamanan yang kasar dan tidak siaga, selalu menunggu, dan selalu mengawasi, membuat wisatawan tidak nyaman dengan bandara ini.

5. Bandara Guarulhos, Brazil

Guarulhos adalah salah satu bandara tersibuk di Amerika Latin. Akan tetapi, bandara di Sao Paulo, Brazil ini, kotor, minim pelayanan, pilihan makanan yang tidak menggugah selera, dan pengurusan bea dan cukai yang lama.

Kondisi bandara ini tidak seimbang dengan kedatangan wisatawan yang jauh lebih banyak. Kedatangan dan kepergian penumpang di bandara ini, meningkat dua kali lipat selama kurang dari satu dekade. Bandara di Brazil pun mendapat peringkat terburuk di dunia dalam hal ketepatan waktu.

Baca juga:  AirAsia Gunakan Kursi Slimline Buatan Mirus Pertama di Dunia

4. Terminal 3, Bandara John F Kennedy (JFK), AS

Interior di Terminal 3 yang mulai rontok dan perbaikan yang tak kunjung selesai, membuat JFK masuk dalam daftar bandara terburuk di dunia. Perbaikan infrastruktur bandara yang berlokasi Kota New York ini, masih jauh tertinggal dibandingkan kota besar lainnya.

Terminal 3 JFK sangat penuh. Keadaannya pun semakin buruk dengan ventilasi udara yang tidak bagus dan tabung drainase yang penuh dengan limbah berbahaya. Bila ingin memesan penerbangan dari JFK, cobalah di Terminal 5 milik JetBlue atau lebih baik Anda naik kereta.3. Bandara Heathrow, Inggris

Heathrow adalah bandara besar yang membingungkan, penuh, mahal, dan tidak wajar. Seperti di JFK, Anda bisa terjebak di dalam terminal yang salah. Kalau sudah seperti ini, bersiaplah Anda harus bertahan di dalam bandara terburuk dan tersibuk ketiga di dunia ini.

Tak perlu khawatir, ada cara yang bisa Anda lakukan untuk keluar dari bandara itu. Asalkan Anda mau menerobos kerumunan penumpang lainnya. Setelah itu, Anda bisa melakukan penerbangan melalui Luton atau Gatwick.

2. Bandara Charles de Gaulle, Prancis

Salah satu situs perjalanan menyebut Bandara Charles de Gaulle di Paris, Prancis, adalah yang paling dibenci di dunia. Perjalanan antar terminalnya sangat membingungkan dan penumpang harus menunggu hingga berjam-jam dalam antrean pengurusan bea cukai.

Selain itu, terminal yang terlalu luas, kotor, delay, dan petugas yang buruk juga menjadi masalah di bandara ini. Prancis tidak pernah mempedulikan pendapat dari pengunjung mereka. Meski begitu, tidak semua tentang Bandara Charles de Gaulle ini buruk. Petugas keamanan bandara, telah menertibkan tuna wisma ke Terminal 3.

1. Bandara Ninoy Aquino, Filipina

Baca juga:  Ini Tiga Bandara AP II yang Raih Sertifikat ISO 9001:2015

Bandara Ninoy Aquino di Manila, Filipina adalah yang terburuk di dunia.Saat datang di bandara ini, wisatawan harus rela menunggu, berdesakan dalam kerumunan penumpang, dan terminal yang kotor. Puncak masalah adalah langit-langit bandara yang ambruk pada tahun 2011. Pemerintah pun sudah menganggarkan biaya perbaikan sebesar US$ 25 juta (RP 241,2 miliar).

Sumber: http://travel.detik.com/read/2013/02/14/072605/2169618/1383/4/10-bandara-terburuk-di-dunia-tahun-2012

Previous articleTempat Wisata Unik Horor Dunia
Next articleWaspada Kasus Pemerasan di Bandara